Kenali 9 Tanda-Tanda Awal Ginjal Tidak Sehat

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 1 dari 10 orang dewasa atau lebih dari 20 juta orang mengalami gagal ginjal kronis. Ada sepuluh cara meninggikan badan gejala ginjal bermasalah yang Anda butuhkan untuk segera menemui dokter Anda, sebelum memburuk.

Sebenarnya, peran apa yang dimiliki ginjal dalam tubuh?

Ginjal Anda adalah salah satu organ kecil di tubuh Anda, namun memiliki tugas besar untuk menyaring racun di tubuh Anda setiap hari. Padahal, ginjal harus menyaring sekitar 20-150 liter darah untuk menghasilkan kira-kira 1-2 liter air kencing, terdiri dari bahan yang tidak berguna dan kelebihan cairan.

Setiap ginjal memiliki satu juta filter kecil yang dikenal sebagai nefron. Biasanya, setiap orang dilahirkan dengan dua ginjal. Ginjal berbentuk seperti kacang dan berada di kanan dan kiri di bawah tulang rusuk.

Berikut adalah 10 gejala ginjal dengan masalah yang tidak boleh Anda abaikan.

1. Ubah warna urine

Ini adalah gejala ginjal bermasalah yang penting. Jika Anda memiliki salah satu dari perubahan berikut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda:

Perubahan tekanan aliran urin saat buang air kecil
Beragam gangguan saat buang air kecil
Pissed busa
Warna urine yang lebih gelap diikuti oleh frekuensi buang air kecil yang jarang atau sedikit
Warna urin pucat dengan frekuensi buang air kecil yang tinggi
Keinginan untuk buang air kecil sering, bahkan di malam hari saat tidur

2. Bengkak berlebih

Karena ginjal Anda bertanggung jawab untuk menyaring cairan di tubuh Anda, cairan tanpa filter ini akan menyebabkan tubuh Anda membengkak. Pembengkakan ini terjadi terutama pada tangan dan kaki.

Di sisi lain, protein dalam urin adalah sinyal yang jelas bahwa ginjal Anda dalam masalah dan tidak dapat bocor dengan benar. Jika ini terjadi, saringan di ginjal akan memungkinkan protein mencampurnya dengan air seni.

Orang dengan masalah ginjal yang umum mengalami pembengkakan mata (bengkak mata), yaitu karena jumlah protein dalam urin. Selain itu, ada juga pembengkakan di persendian.

3. Napas tersengal

Bila ginjal Anda bekerja keras, cairan itu akan menumpuk di ginjal, bahkan di jaringan tubuh lainnya, seperti paru-paru. Penumpukan cairan di paru-paru adalah apa yang membuat Anda terengah-engah. Kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh sulit berfungsi optimal, yang menyebabkan nafas kehabisan nafas dan berburu.

4. Kulit kemerahan (ruam pada kulit)

Bila tubuh Anda penuh dengan racun, akan ada beberapa proses dalam tubuh yang dihasilkan untuk menghilangkan toksin ini. Salah satunya adalah melalui pori-pori kulit. Kelihatannya merah, gatal dan kering pada kulit.

Krim dan salep untuk kulit bisa membantu mengurangi gejala kulit, tapi ini tidak menyembuhkan masalah ginjal.

5. Rasa zat besi di mulut

Ketidaknyamanan di lidah atau mulut juga bisa menjadi masalah ginjal bermasalah. Terkadang tubuh Anda akan kelebihan beban dengan racun sehingga Anda bisa merasakannya secara langsung. Orang dengan ginjal yang tidak bekerja optimal akan merasakan rasa zat besi di mulut mereka. Ini juga memicu bau mulut (halitosis) dan nafsu makan menurun.

6. Kurang konsentrasi dan pusing

Bila ginjal Anda tidak bisa menyaring racun dengan benar, akan sulit memasok oksigen ke seluruh tubuh, terutama manfaat lari pagi otak. Hal ini menyebabkan pusing, kurang konsentrasi, lemah memori dan kepala yang terasa kliyengan.

7. Nyeri di punggung bagian belakang (sakit punggung)

Sangat mungkin bahwa sakit punggung adalah gejala masalah ginjal atau adanya infeksi pada organ di sekitarnya. Rasa sakit ini bisa jadi akibat adanya batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

8. Bersihkan

Pada orang sehat, ginjal akan menghasilkan EPO (eritropoietin), yang bisa meningkatkan sel darah merah dalam darah Anda. Sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian tubuh Anda. Nah, kekurangan EPO dalam masalah ginjal menyebabkan kadar oksigen berkurang sehingga bisa menyebabkan kelemahan.

Kelonggong kronis juga merupakan gejala anemia. Karena itu, penting untuk berbicara dengan dokter Anda jika tubuh atau otot lemas tanpa alasan yang jelas.

9. Mual dan muntah

Karena zat racun yang terkumpul dikumpulkan dalam darah Anda, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada pusat muntah di tubuh, mengakibatkan mual dan muntah. Mual dan muntah juga merupakan pertanda infeksi saluran kencing, jadi ada baiknya segera ke dokter. Apalagi jika Anda juga merasakan sakit di punggung dan perut Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tonton Piala Dunia Dapat Picu Beragam Risiko Penyakit?

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Saat Berpuasa

Cara Membasmi Kanker Selain Dengan Kemoterapi